Radio Cagar Budaya

...Selamat datang di blog 'Radio Nusantara' ~...

Senin, 14 Februari 2011

Anggada Balela


Anggada atau Hanggada adalah seorang tokoh dalam wiracarita Ramayana. Ia adalah wanara muda yang sangat tangkas dan gesit. Kekuatannya sangat dahsyat, sama seperti ayahnya, yakni Subali. Dalam kitab Ramayana disebutkan bahwa ia dapat melompat sejauh sembilan ratus mil. Anggada dilindungi oleh Rama dan akhirnya membantu Rama, berperang melawan Rahwana merebut kembali Dewi Sita, istri Rama.


Dalam lakon kali ini Anggada menjadi tokoh muda yg membangkang keputusan dari Prabu Ramawijaya yang hendak menyerahkan tahtanya kepada putra angkatnya Dasawilukrama. Karena menurutnya tidak pantas seorang anak dari lawan terdahulu menggantikan posisinya. Dengan dasar seorang keturunan Prabu Dasamuka akan mengikuti jejak orang tuanya. Akan tetapi karena Prabu Rama telah berucap maka anggada dianggap sebagai pembangkang dari keputusan raja. Apalagi di Pancala Pancawati ada tata karma dalam menyampaikan pendapat. Anggada dianggap melanggar tata karma tersebut. Maka dari itu terjadilah perkalahian antara prajurit Pancala Pancawati melawan anggada. Akan tetapi beberapa prajurit kera belum sanggup menangkap anggada. Saat anoman menghadapi anggada. Anoman tidak melawan dengan kekerasan, akan tetapi lebih dengan cara memberikan pengertian-pengertian luhur untuk meluluhkan hati anggada. Jika anda ingin tuntas jalan cerita ini, silahkan dengar lakon anggada mbalelo yg dibawakan oleh dalang Ki Anom Suroto.

Ada beberapa pesan moral yg dapat diambil dari cerita ini. Salah satunya “kacang nurut lanjaran” dalam istilah jawa seorang anak akan sangat mungkin mengikuti jejak dan perilaku dari orang tuanya. Maka dari itu yg mau jadi orang tua mulai bersikaplah yang baik. Apakah kita mau anak cucu kita menjadi orang-orang yang tercela. Yang kedua musyawarah dan bertukar pendapat lebih mudah menyelesaikan permasalahan dari pada perkelahian. Sekian dari saya. Salam budaya bagi semua.(Deka Manik kusuma)

Bagi anda penggemar wayang kulit dimanapun anda berada,silahkan bergabung dengan PPW (Paguyuban Pecinta Wayang) untuk bisa menikmati lebih banyak lagi koleksi wayang kulit,baik berupa mp3 maupun audio video.

bergabung dengan PPW DISINI

silahkan menikmati  Anggada Balela yang di ceritakan oleh Ki Anom Suroto

 Download mp3 Anggada Balela

File mp3 di ambil dari Rumahnya Mas Guntur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar